Selasa, 13 Februari 2018

MENGUCAP SYUKUR DALAM SEGALA HAL


1 Tesalonika 5:15-18
15 Perhatikanlah, supaya jangan ada orang yang membalas jahat dengan jahat, tetapi usahakanlah senantiasa yang baik, terhadap kamu masing-masing dan terhadap semua orang.
16 Bersukacitalah senantiasa.
17 Tetaplah berdoa.
18 Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

Seorang remaja sedang asyik berjalan-jalan di kota. Remaja ini sangat terkejut dan ketakutan ketika ada seorang laki-laki berwajah sangar yang merampoknya dan merampas dompet beserta isinya.
Lalu, apa yang dilakukannya? Apakah ia marah dan memaki-maki perampok sambil mengejarnya? Atau, pergi ke kantor polisi sambil tergopoh-gopoh untuk melaporkan kejadian itu?

TERNYATA remaja itu berdiri merenung sejenak di pinggir jalan, ia mulai tetap berusaha untuk tetap terhubung dengan hati dan perasaan Tuhan dalam menghadapi kejadian tersebut. Akhirnya ia mengambil keputusan didalam hatinya untuk tetap bersyukur kepada Tuhan sebab ia berhasil mengendalikan emosinya, pikirannya untuk tetap kudus tidak membenci, bahkan ia merelakan dan mengampuni serta mendoakan bagi orang yang telah berbuat jahat kepadanya. Setelah itu, ia tiada hentinya bersyukur kepada Tuhan karena perampok itu hanya mengambil dompetnya dan bukan nyawanya. Ia sangat bersyukur karena ia masih memiliki nyawanya sebagai harta yang paling berharga untuk melayani Tuhan dibandingkan uang yang ada di dompetnya atau harta di dunia ini. Remaja itu kemudian berjalan pulang. Dalam perjalanan pulang, ia tidak henti-hentinya mengucap syukur kepada Tuhan karena ternyata ia masih menyimpan beberapa ratus ribu uangnya di bank. Sambil merenungkan peristiwa yang baru saja dialaminya, ia mengucap syukur karena dialah yang dirampok dan bukan dia perampoknya. Ia bersyukur karena Tuhan senantiasa menjaganya sehingga ia tetap berada di jalan-Nya dan jauh dari dosa.

Saudaraku...
Segala kejadian hidup yang terjadi didalam kehidupan kita ada pesan/bahasa Tuhan yang harus kita tangkap untuk semakin kita belajar bertumbuh dewasa mengenal apa yang Tuhan kehendaki untuk kita lakukan.
Marilah kita tiada henti-hentinya selalu bersyukur atas berkat yang Tuhan berikan, baik dalam suka maupun duka, sebab hal inilah yang dikehendaki oleh Allah dalam Kristus Yesus dan percayalah Dia selalu memberikan yang terbaik kepada setiap orang yang mengasihi-Nya, sebab Tuhan selalu menyediakan berkat kekal bagi kita untuk dibawa didalam kerajaan-Nya kelak.

Amin.

1 komentar: