Minggu, 15 Mei 2016

TUJUAN TUHAN MEMBERIKAN KEPENUHAN ROH KUDUS


Kisah Para Rasul 2:4
Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

Pada hari Pentakosta murid-murid menerima baptisan Roh Kudus. Dalam peristiwa tersebut nyata sekali bagaimana mereka dipenuhi oleh Roh Kudus. Kepenuhan Roh Kudus yang mereka terima sejatinya sebagai perlengkapan untuk meneruskan karya keselamatan dari Tuhan Yesus.
Hal itu menggenapi apa yang Tuhan Yesus katakan sebelum naik ke Sorga, bahwa mereka akan menerima kuasa kalau Roh Kudus turun atas mereka .
Mereka akan menjadi saksi sampai ke ujung bumi.
Kisah Para Rasul 1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."
Dalam hal ini jelas sekali bahwa kepenuhan Roh Kudus pasti bertalian dengan tugas yang Tuhan Yesus percayakan kepada umat pilihan-Nya. Jadi, kepenuhan Roh Kudus terjadi untuk kepentingan pekerjaan Tuhan Yesus semata-mata.
Seseorang tidak diperkenan menggunakan kepenuhan Roh Kudus untuk kepentingan diri sendiri. Kalau ada orang yang masih hidup hanya untuk kepentingan diri sendiri dan tidak memiliki kedewasaan yang memadai, mengaku dipenuhi oleh Roh Kudus, berarti ia berdusta.

Seperti halnya Yusuf dan Daniel, mereka dipenuhi Roh Kudus untuk melakukan kehendak dan rencana Allah Israel. Mereka adalah orang-orang yang mengerti kehendak Allah pada jamannya dan bersedia melakukan atau menggenapi apa yang dikehendaki oleh Allah. Yusuf harus menyelamatkan Mesir dan saudara-saudaranya di Kanaan. Daniel harus memberi kesaksian tentang Tuhan Allah kepada bangsa kafir ketika ada di pembuangan di Kerajaan Babel.
Tentu kepenuhan Roh Kudus akan dipercayakan hanya kepada mereka yang peduli dengan pekerjaan Allah. Bukan untuk orang yang hanya sibuk dengan kesenangannya sendiri. Kepenuhan Roh bukan hanya untuk kesenangan pribadi atau sekedar gagah-gagahan. Roh Kudus hanya untuk maksud tujuan Ilahi.

Betapa besar kerinduan Bapa mencurahkan Roh-Nya dan memenuhi orang percaya, sebab ini bagian dari rencana besar-Nya. Tetapi masalahnya adalah: apakah seseorang mau menyambut kepenuhan-Nya dengan segala tanggung jawab yang harus dipikul. Tanggung jawab itu adalah menyelamatkan jiwa-jiwa yang terhilang. Tidak banyak orang yang mengerti dan peduli mengenai hal ini. Banyak orang-orang Kristen yang masih hidup untuk dirinya sendiri tetapi mau dipenuhi oleh Roh Kudus.
Pikiran mereka sudah semakin jauh dari pikiran dan perasaan Tuhan, mereka hidup hanya untuk kesenangan sendiri. Mereka berhasrat dipenuhi Roh Kudus hanya untuk “kesenangan” menikmati karunia. Tuhan menghendaki agar kita semua penuh dengan Roh Kudus guna menyelesaikan pekerjaan-Nya. Ini adalah kesempatan emas yang tidak boleh disia-siakan. Setiap orang percaya bisa dipenuhi oleh Roh Kudus dan menjadi penerus tongkat estafet tugas penyelamatan yaitu memberitakan Injil keselamatan dari Tuhan Yesus dengan kuasa kepenuhan Roh Kudus.

Kepenuhan Roh Kudus akan dipercayakan hanya kepada mereka yang peduli dengan pekerjaan Allah kita yaitu Tuhan kita Yesus Kristus.

Efesus 5:18 Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,

Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar