Kamis, 25 Mei 2017

MAKNA KENAIKAN TUHAN YESUS KE SORGA


Filipi 3:20
Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat,

Kenaikan Tuhan Yesus ke sorga menunjukkan bahwa status kewargaan kita umat yang percaya kepada-Nya adalah berasal dari kerajaan sorga, tentu hal ini hanya berlaku bagi umat percaya yang memiliki percaya yang murni dihadapan-Nya dan taat melakukan kehendak-Nya dengan setia.

Pernahkah saudara menemukan jawab makna dari kita harus merayakan kenaikan Tuhan Yesus ke sorga? Apa yang menarik dari peristiwa kenaikan Tuhan Yesus sehingga dianggapnya ini sebagai hari raya? Ternyata banyak orang Kristen yang merayakan hari kenaikan Tuhan Yesus tanpa pengertian.
Hanya mengekor orang lain untuk memenuhi kursi kursi di gereja untuk datang ibadah merayakan hari kenaikan Tuhan Yesus ke sorga.
Kalau kita tidak mengerti makna kenaikan Tuhan Yesus ke sorga, maka sia-sialah ibadah perayaan kenaikan Tuhan Yesus ke sorga.
Dalam Kisah Rasul 1:11, malaikat berkata: “.....mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."
Sebagai orang percaya kita jangan hanya terkesima mengagumi Tuhan Yesus yang sudah naik ke sorga, yang penting sekarang adalah bagaimana kita harus mempersiapkan diri menyambut kedatangan-Nya kembali.
Hal ini sudah ditegaskan oleh kedua malaikat yang melayani Tuhan Yesus, Kalimat ini pasti sangat beralasan dan harusnya menjadi kalimat yang harus selalu terus untuk digaris bawahi didalam hidup kita dan harus menjadi hal yang penting sebab banyak orang Kristen yang sebenarnya tidak mempersiapkan diri untuk menerima kedatangan-Nya kembali.

Dalam Yohanes 14:1-2, Yesus berkata: “Aku pergi menyediakan tempat bagimu”.
Dibumi perumahan atau papan adalah kebutuhan primer manusia.
Itulah sebabnya pemerintah giat membangun rumah-rumah, real estate, supaya orang memiliki tempat berteduh dan nyaman tinggal.
Bukan saja di dunia sementara ini kita membutuhkan tempat tinggal, setelah roh meninggalkan tubuh ini, kita pun sangat membutuhan tempat tinggal.
Justru tempat tinggal untuk kehidupan kita yang kekal jauh lebih penting. Tempat tinggal untuk roh tidak dapat dibangun oleh tangan manusia, kontraktor manapun juga. Hanya tangan Tuhan kita Yesus Kristus yang mampu membangunnya. Manusia tidak dapat memperolehnya sekalipun memiliki banyak harta, kecuali Ia yang memiliki rumah kekal itu berkenan menganugerahkannya.

Dengan kenaikan-Nya ke sorga, Ia menyediakan tempat bagi kita, sebab Ia mau dimana Ia ada, di situ kita ada.
Ia merintis melalui pengorbanan-Nya, kematian dan kebangkitan-Nya dan kenaikan-Nya ke sorga sebagai syarat mutlak dari bukti kemenangan-Nya.
Ia akan kembali dalam kemuliaan-Nya, dimana ada tempat yang dijanjikan-Nya itu.
Dunia ini bukan rumah kita saudaraku,
Saya ulangi lagi "Dunia ini bukan rumah kita saudaraku".
Di dalam dunia ini kita hanya menumpang saja dan belajar taat kepada Tuhan Yesus.
Dengan demikian maka kematian bukanlah momok yang menakutkan, melainkan jembatan emas untuk memasuki kehidupan bahagia sempurna bersama Tuhan. Inilah pengharapan yang paling membahagiakan. Ini bukanlah janji kosong tetapi kenyataan yang akan dialami oleh setiap orang percaya yang telah bertobat dan lahir baru yang sungguh sungguh memberi hidupnya hanya untuk taat melakukan kehendak Tuhan Yesus Allah dan Bapa kita.

Dalam hal ini kita dipanggil untuk mempersiapkan diri.
Roh Kudus diutus-Nya untuk membawa kita kepada segala kebenaran-Nya sehingga kita dapat menjadi saksi-Nya membawa terang ditengah-tengah dunia yang jahat ini.
Dalam Yohanes 16:7 Tuhan Yesus berkata:“Adalah lebih berguna jika Aku pergi …” Sebab dengan kepergian-Nya, Ia mengutus Roh Kudus ke dalam dunia untuk mendampingi (tinggal di dalam) diri orang percaya.
Roh Kudus adalah parakletos ( advokad, pendamping, penghibur).
Roh Kuduslah yang akan menggarap, menyempurnakan manusia batiniah kita untuk membuat kita layak menyambut kedatangan Tuhan Yesus ke dua kalinya, oleh sebab itu kita harus menyediakan diri kita setiap saat memberi diri digarap, diajar, dididik oleh-Nya demi semakin serupa mengenakan kodrat Ilahi sebagai anak-anak Allah yang selalu hidup didalam kekudusan dan kebenaran-Nya, memberitakan jalan pertobatan dan kebenaran-kebenaran Injil kerajaan sorga bahkan hidup menjadi berkat bagi sesama.

Dengan demikian Makna Kenaikan Tuhan Yesus Ke Sorga adalah Ia pergi menyediakan tempat tinggal bagi umat percaya yang membawa hidupnya taat dan setia hidup dibawah pemerintahan-Nya, menjadi saksi bagi dunia ini dengan menyatakan kemuliaan Tuhan Yesus melalui sikap hidup menjadi terang Kristus bagi sesama, menampilkan kehidupan Tuhan Yesus ditengah-tengah dunia ini, berjalan bersama Roh Kudus dengan hidup taat dipimpin oleh Roh dan Kebenaran-Nya.
Dengan kenaikan-Nya ke sorga Ia sedang memberikan kesempatan waktu untuk kita belajar menjadi umat-Nya yang taat kepada kehendak-Nya, menjadi saksi-Nya yang menyatakan terang-Nya yang ajaib dan dengan kenaikan-Nya pula menandakan Ia pasti akan datang kembali segera, yang penting sekarang adalah bagaimana kita harus mempersiapkan diri menyambut kedatangan-Nya kembali dengan didapati-Nya hidup kita dalam keadaan kudus, taat terhadap kehendak-Nya dan tidak bercacat cela dihadapan-Nya.

2 Korintus 5:1
Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia.

Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar