Selasa, 05 Juli 2016

BERLATIH MENJADI WARGA KERAJAAN SORGA


Roma 8:14  Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.

Seseorang yang baru menjadi Kristen biasa mengekspresikan imannya dalam bentuk kegiatan agamawi belaka. Ini sangat bisa dimaklumi.
Tetapi setelah bertumbuh, ia harus mulai bisa mewujudkan kehidupannya sebagai anak Tuhan dalam seluruh tindakan hidupnya.

Untuk masuk sebagai warga kerajaan sorga orang percaya diajarkan oleh Tuhan Yesus harus memiliki nilai hidup keagamaan melebihi ahli-ahli taurat dan orang-orang farisi (Matius 5:20).
Ini berarti Tuhan menuntut hidup orang percaya harus berkenan sempurna sampai akhir dalam segala hal diseluruh wilayah kehidupannya, melakukan kehendak-Nya dan mempertanggungjawabkan iman mereka kepada Tuhan.
Untuk bisa memenuhi ini semua maka Tuhan memberikan Roh Kudus untuk memimpin orang percaya kedalam segala jalan kebenaran-Nya.
Untuk bisa dipimpin oleh Roh Kudus seseorang harus bersedia mematikan segala bentuk kehidupan manusia lama dan menyalibkan segala bentuk hidup didalam kedagingan, kemudian mengenakan manusia baru yang terus berlatih menjadi warga kerajaan sorga yang berkenan dan sempurna dihadapan Tuhan.
Hal Ini harus dianggap sebagai persoalan yang paling penting dalam kehidupan. Sayang sekali, banyak orang Kristen baru disesatkan dengan diajar bahwa setelah menunaikan kewajiban agamanya, mereka dijanjikan menjadi umat yang diberkati Tuhan. Ini sangat berbahaya, sebab akibatnya orang menganggap yang lebih penting bukanlah mempertanggungjawabkan imannya dengan benar, tetapi menuntut Tuhan mempertanggungjawabkan diri-Nya sebagai Allah yang harus memberkati umat-Nya. Mereka menjadi orang-orang tersesat.

Mempertanggungjawabkan iman sebenarnya sama dengan berlatih hidup sebagai warga Kerajaan Sorga.
Sekadar rajin ke gereja dan menjadi orang baik-baik di mata manusia lain belum cukup, sebab pertanggungjawaban iman adalah perubahan cara hidup yang sangat menuntut respons individu.
Disini diperlukan pembaharuan pikiran yang diubahkan oleh Firman Tuhan yang murni setiap hari.
Pembaruan pikiran yang diubahkan oleh Firman Tuhan yang murni akan menjadi titik tolak perubahan gaya hidupnya.
Demikian juga hal Berdoa “Ubahlah aku Tuhan” tidak cukup apabila kita sendiri tidak mau mengubah diri kita sendiri. Banyak orang merasa sejahtera karena memiliki keinginan untuk bertobat, tetapi tidak mewujudkannya dalam bentuk bertindak bertobat dengan mengubah diri mereka sendiri.

Mari kita mulai bertobat sekarang juga. Mulailah dari perkara-perkara kecil. Artinya, kalau kita sungguh-sungguh bersedia bertobat, maka kita harus mulai memeriksa, apakah cara hidup kita sudah sesuai dengan cara hidup anak-anak Allah/warga Kerajaan Sorga; bangsawan sorgawi.

Seperti apakah cara hidup sebagai warga kerajaan Surga itu?
Ternyata ini bukan sesuatu yang sederhana, melainkan menuntut kesediaan kita dengan sangat serius. Firman Tuhan mengatakan bahwa orang yang hidup sebagai anak-anak Allah adalah orang-orang yang dipimpin oleh Roh Kudus.
Kata “dipimpin” dalam teks aslinya adalah (ágondai) yang juga berarti “dibawa” atau “digiring”.
Ini hendak mengemukakan bahwa Roh Kudus sedang membawa kita kepada suatu arah. Orang yang memiliki pertanggungjawaban iman yang baik harus mengikuti arah ke mana Roh Kudus hendak membawa kita.
Mari kita menyediakan diri kita untuk dengan patuh mengikuti arah yang ditunjukkan oleh pimpinan Roh Kudus, agar kita menjadi warga Kerajaan Surga yang baik dan layak disebut anak-anak Allah.

Hidup sebagai warga Kerajaan Surga adalah meninggalkan cara hidup yang lama dan mengenakan cara hidup yang ditunjukkan Roh Kudus.
Untuk peka terhadap suara Roh Kudus, adakan pertemuan dengan Tuhan setiap hari secara pribadi, beri waktu khusus untuk menghadap Tuhan, berdoa dan berdialog dengan-Nya,
Pada waktu bersekutu dengan-Nya mungkin kita merasa tidak merasakan apa-apa dan belum bisa mendengarkan suara apa-apa dari Tuhan.
Namun jangan berhenti tetaplah berdoa bersekutu menghadap Tuhan setiap hari, suatu waktu ketika Tuhan melihat kesungguhan hati kita mencari wajah-Nya setiap hari maka Ia pasti menyatakan diri-Nya kepada kita melalui Roh Kudus dan mulai menuntun hidup kita kepada jalan kebenaran-Nya.
Bersekutu dengan Tuhan hendaknya juga harus diimbangi dengan konsisten membaca Firman-Nya setiap hari dan mulai minta kekuatan dari Tuhan kita Yesus Kristus untuk bisa melakukan Firman-Nya setiap hari.
Dengan demikian kita sebenarnya sedang berlatih menjadi warga kerajaan sorga yang selalu hidup dibawah pimpinan Tuhan melalui Roh Kudus.

2 Timotius 1:14  Peliharalah harta yang indah, yang telah dipercayakan-Nya kepada kita, oleh Roh Kudus yang diam di dalam kita.

Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar