Jumat, 01 April 2016

TIDAK MENYADARI TELAH MENGATUR TUHAN


Yesaya 40:13-14
Siapa yang dapat mengatur Roh TUHAN atau memberi petunjuk kepada-Nya sebagai penasihat?
Kepada siapa TUHAN meminta nasihat untuk mendapat pengertian, dan siapa yang mengajar TUHAN untuk menjalankan keadilan, atau siapa mengajar Dia pengetahuan dan memberi Dia petunjuk supaya Ia bertindak dengan pengertian?

Orang percaya tidak boleh berlaku licik terhadap Tuhan, seakan-akan dengan menyatakan bahwa dirinya percaya kepada Tuhan maka Tuhan berkewajiban melakukan segala sesuatu yang menjadi permintaan umat. Sering tanpa disadari, banyak orang Kristen yang menyatakan percaya kepada Allah hanya supaya apa yang dipandang sebagai kebutuhannya dipenuhi oleh Allah dan keinginannya dituruti. Seakan-akan orang Kristen tersebut mau berkata: “Aku sudah percaya kepada-Mu ya Tuhan, maka penuhilah kebutuhanku”. Orang percaya tidak dipanggil untuk memercayai kekuatan Allah dan kebaikan-Nya, dimana sebagai imbalan Allah akan memenuhi segala kebutuhannya. Lebih konyol lagi kalau orang berpikir bahwa percayanya kepada Tuhan dapat mengatur Tuhan, seakan-akan percayanya bisa menjadi “remote” untuk mengatur dan mengontrol Tuhan.
Mereka berpikir bahwa dengan percaya tersebut segala sesuatu bisa terjadi, terutama berkenaan dengan pemenuhan kebutuhan jasmani. Itulah sebabnya sering diajarkan dan dianjurkan untuk menguatkan percaya atau berani percaya terhadap Tuhan demi apa yang mereka inginkan dapat terwujud. Dari pengertian ini maka lahirlah gagasan positive thinking yang menggantikan iman yang murni. Positive thinking berorientasi pada keyakinan terhadap terwujudnya suatu cita-cita atau keinginan diri sendiri, tetapi iman adalah penurutan terhadap kehendak Allah guna memenuhi rencana-Nya. Hal ini sungguh sangat bertolak belakang. Positive thinking menempatkan Tuhan sebagai hamba, tetapi iman meletakkan umat sebagai hamba bagi Tuhan Sang Majikan Agung.

Banyak ajaran yang mengesankan bahwa yang dibutuhkan oleh Tuhan adalah sikap percaya umat terhadap kuasa dan kebaikan Tuhan. Mereka mengira Allah menuntut umat untuk memenuhinya yaitu umat memercayai kuasa dan kebaikan Allah, seolah olah jika sudah berani percaya kuasa dan kebaikan Allah maka Allah akan “terlena” dan menuruti apa yang diinginkan oleh umat tersebut. Seakan-akan dengan percaya tersebut umat bisa menyandera Allah sehingga Allah tidak berdaya menolak permintaan dan keinginan umat. Dengan pemahaman di atas ini seakan-akan Allah tidak memiliki kepribadian dan integritas. Padahal Allah memiliki tatanan di dalam diri-Nya. Ia tidak akan bertindak sesuatu yang bertentangan dengan hakikat-Nya yang kudus, adil, bijaksana dan lain sebagainya yang benar.
Sikap yang salah tersebut sebenarnya merupakan bentuk yang sudah sangat keliru. Tetapi ironisnya justru dengan percaya umat merasa sedang memuliakan Allah. Percayanya kepada Allah mereka pandang sebagai bisa menyukakan hati-Nya.

1 Korintus 2:9 "Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia."
Allah Bapa adalah Allah yang baik, tanpa perlu diminta Ia sudah tahu apa yang menjadi kebutuhan bagi anak-anak yang mengasihi-Nya.
Dalam hal ini hendaknya umat tidak berpikir bahwa Tuhan bisa di bujuk dan mengendalikan keputusan Tuhan dengan doa yang panjang panjang agar permintaannya dikabulkan oleh Tuhan. Memang pada zaman Perjanjian Lama, demi kepentingan rencana-Nya, Allah menunjukkan kekuatan kuasa-Nya, tetapi di zaman Perjanjian Baru umat dikehendaki untuk menampilkan karakter Kristus guna menjadi saksi bagi bagi Tuhan Yesus.
Tuhan Allah kita Yesus Kristus tidak dapat disukakan dengan kepercayaan umat bahwa Ia Allah yang baik dan berkuasa saja. Sesungguhnya Tuhan menghendaki agar orang percaya bertumbuh terus sebagai anak-anak Allah yang memiliki karakter seperti Kristus, mengerti kehendak dan rencana-Nya serta memenuhinya. Inilah hal yang terutama dalam kehidupan. Jika orang percaya memenuhinya, maka orang tersebut pasti menjadi manusia seutuhnya seperti yang dirancang semula. Selanjutnya, ia pasti menjadi orang yang rajin bekerja, cerdas, tertib dan unggul dalam berbagai aspek hidup sesuai dengan bagian yang dipercayakan Tuhan kepadanya. Orang-orang seperti inilah yang pantas menerima kelimpahan hidup. Kelimpahan hidup secara jasmani pun juga harus digunakan untuk kepentingan Kerajaan Allah.

1 Korintus 2:16 Sebab: "Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat menasihati Dia?" Tetapi kami memiliki pikiran Kristus.

Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar