Rabu, 02 Maret 2016

MELATIH TUBUH SAMPAI KEDATANGAN TUHAN YESUS YANG KE 2

1 Korintus 9:27 Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.

Paulus memiliki prinsip pelayanan yang boleh dibilang sangat konsisten membela kebenaran Injil dan ia pun menyikapi hidupnya untuk menjauhkan diri dari sikap kemunafikan dalam mengerjakan keselamatan pada zamannya, Dalam hal ini Paulus memiliki integritas yang tinggi. Ia tidak khawatir dan tidak takut ditolak oleh rasul-rasul lain dalam membela kebenaran Injil yang benar, hal ini terlihat sangat jelas ketika sikapnya menghadapi Petrus, Paulus sendiri walaupun yunior dibanding Petrus, tetapi ketika Petrus salah, Paulus berani menegur Petrus dengan tegas Galatia 2:.11-14.

Jadi inilah yang harus kita miliki sebagai Anak TUHAN yang menantikan kedatangan TUHAN :

1. Mari kita lihat hidup Paulus, Paulus berjuang melatih dan menguasai dirinya bukan untuk dilihat manusia, jelas sekali juga bahwa ia melatih tubuh dan menguasai seluruhnya bukan takut ditolak oleh manusia, tetapi ia sendiri malahan ada ketakutan kalau kalau pelayanannya sia sia dan ditolak oleh Allah olehnya ia melatih seluruh tubuhnya untuk kuasai oleh ALLAH dalam pimpinan ROH KUDUS setiap waktu, sikap hidup seperti inilah yang harus dimiliki oleh setiap kita menjadi pengikut Kristus yang sejati.
Melatih tubuh dan menguasai seluruhnya berarti Paulus berjuang untuk dapat menguasai diri dari belenggu keinginan-keinginan dagingnya yang bertentangan dengan kehendak Allah.

2. Kata melatih dalam teks aslinya adalah (hupopiazo) yang bisa berarti menyerang, memperlakukan dengan kasar, siksaan dan menganiaya (to strike, treat roughly, torment, maltreat). Inilah sebenarnya yang dimaksud Alkitab dengan kata "melatih" yaitu memaksakan tubuh, mematikan segala keinginan daging dan kenajisan.
Apa yang harus dimatikan oleh anak Tuhan dalam mengikuti TUHAN YESUS
Kolose 3:5 Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala.
   Mari periksa hidup kita apakah kita masih mengejar sesuatu demi memuaskan hasrat dan kesenangan kita pribadi harusnya kita sebagai anak Tuhan harus sadar jika kita melakukan sesuatu haruslah didasarkan untuk memuliakan TUHAN YESUS bukan untuk kesenangan pribadi kita lagi. Ingatlah kita tidak bisa mengabdi kepada dua tuan, TUHAN YESUS mengatakan : 
Matius 6:24 Tak seorang pun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon."
    Selama dunia ini anda harus memilih kepada siapa anda mengabdikan dirimu ? dan anda harus tahu bahwa TUHAN ingin melihat kepada siapa manusia itu mengabdi selama hidupnya apakah kepada kesenangan dunia/kesenangan pribadi atau kepada ALLAH BAPA dan itu terlihat sikap hatinya dan cara hidupnya, sikap penundukan diri taat kepada kehendak BAPA DI SORGA

3. Banyak bagian dalam Alkitab yang mengharuskan orang percaya hidup dalam tuntunan Roh bukan keinginan daging, sebab keinginan daging membawa maut.
Galatia 5:16 
Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. 
Roma 8:6 Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera. 
    Maut yang dimaksud dalam teks alkitab adalah "kematian kekal selamanya" jadi jangan pernah coba coba untuk hidup didalam daging lagi. Minta kepada TUHAN YESUS untuk kita bisa dimampukan olehNYA untuk selalu dipimpin oleh TUHAN, hidup didalam tuntunan ROH KUDUS.

4. Adapun kata “menguasai seluruhnya” dari teks aslinya adalah (doulagogeo) yang artinya memperbudak, menguasai, menundukkan dan mengendalikan. Orang percaya harus dapat mengendalikan seluruh hidupnya atau tubuhnya yang kelihatan supaya tidak melakukan sesuatu yang dapat mendatangkan maut, sebab kalau seseorang masih hidup dalam keinginan daging, maka ia akan memperoleh maut (kematian kekal selamanya). Perbudak dan kuasai tubuhmu untuk diarahkan kepada cara hidup yang di pimpin oleh Roh Kudus agar hidup mu terus bisa menggenapi apa yang menjadi kehendak ALLAH.

5. Perjuangan Paulus adalah perjuangan yang berkesinambungan dan konsisten dalam mengerjakan keselamatan.Tidak hanya berhenti pada suatu titik kemudian terjatuh ataupun melambat. Inilah yang dimaksud oleh Yohanes bahwa sebagai orang percaya, kita harus menjauhkan diri dari keinginan daging.
1 Yohanes 2:16 Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.
Jadi jelas bahwa Anak TUHAN harus tunduk dalam kehendak ALLAH yaitu hidup dalam tuntunan roh kudus dan mematikan keinginan keinginan pribadi yang berbau untuk kesenangan pribadi.
Belajarlah melakukan segala sesuatu untuk memuliakan TUHAN YESUS, ingat anda adalah Anak warga kerajaan Allah jadi sudah sepatutnya kita selalu bertanya kepada TUHAN apakah dengan kita melakukan sesuatu tersebut itu kita menyenangkan hatiNYA jika ada kesan hal tersebut tidak menyenangkan hati TUHAN jangan pernah ragu untuk mematikan keinginan tersebut.

6. Berkenaan dengan hal ini secara ekstrim TUHAN YESUS menasihati orang percaya: Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka artinya berhentilah berbuat dosa dan mencintai dunia dan arahkanlah seluruh tubuhmu kepada kerajaan Kekal dari ALLAH BAPA yang akan datang kepadamu sebentar lagi dan akan datang melalui kedatangan TUHAN YESUS yang ke 2 kali dan sekaranglah inilah masa penantian kita menunggu kedatanganNYA. Jangan seperti 5 gadis bodoh mereka juga Anak yang menantikan kedatangan TUHAN , namun mereka membagikan fokus mereka kepada keinginan dunia terlihat dari gambaran mereka tidak membawa persediaan minyak yang artinya mereka tidak menjaga Roh nya dengan baik, tidak berjaga jaga, membiarkan Roh nya tertidur dengan kata lain mereka membuka celah kepada keinginan daging/dunia/kepentingan pribadi menguasai Roh nya sehingga mereka akhirnya di tolak oleh TUHAN ketika TUHAN datang seperti pencuri dimalam hari.

7. Tetap fokus kepada amanat agung TUHAN Untuk memenangkan jiwa, dan Paulus membawa diri sedemikian rupa, tentu bukan berarti harus kompromi terhadap dosa atau perilaku yang bertentangan dengan Injil. Ia membawa diri sedemikian rupa supaya diterima oleh setiap golongan, demi Injil bisa mendarat dalam kehidupan mereka (mereka dapat dimenangkan bagi Kristus). Dalam kesaksiannya Paulus mengatakan: Bagi orang-orang yang hidup di bawah hukum Taurat Paulus menjadi seperti orang yang hidup di bawah hukum Taurat, bagi orang-orang yang tidak hidup di bawah hukum Taurat Paulus menjadi seperti orang yang tidak hidup di bawah hukum Taurat, bagi orang-orang yang lemah Paulus menjadi seperti orang yang lemah. Bagi semua orang Paulus telah menjadi segala-galanya, supaya ia sedapat mungkin memenangkan beberapa orang dari antara mereka.
Mari kita menjadi pribadi pribadi yang terus melatih tubuh kita agar kita layak masuk ke dalam pesta perjamuan ANAK DOMBA yang telah disediakan bagi kita yang benar benar menantikan kedatanganNYA dengan sikap berjaga jaga dan memelihara iman.
Lukas 18:8 Aku berkata kepadamu: Ia akan segera membenarkan mereka. Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, adakah Ia mendapati iman di bumi?"

Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar